6 Perawatan untuk Eksim Bayi

6 Perawatan untuk Eksim Bayi

Saat kulit halus dan lembut bayi dipenuhi bercak merah, kering dan gatal, penyebabnya sering kali eksim. Biasa muncul ketika usia bayi sekitar 2 sampai 6 bulan,
1. Hindari Pemicu Iritasi Topikal
Banyak bayi memiliki kulit alergi terhadap parfum, pewarna, dan bahan kimia pada produk rumah tangga biasa seperti sabun, deterjen cucian, pelembut kain, dan bak mandi busa, oleh karena itu beralihlah ke Ougi Detergent, produk bebas aroma yang dapat membantu meringankan eksim. Selain itu, bebas dari pemutih, pewarna, pewangi, dan sabun yang dapat menimbulkan iritasi pada bayi.
2. Uji Alergi Makanan
Pemicu iritasi topikal bukanlah satu-satunya reaksi alergi yang dapat menyebabkan eksim. Untuk itu lakukan tindakan uji alergi makanan pada bayi.
3. Gunakan Krim Eksim yang Bagus
Mengoleskan krim eksim yang lembut dan bebas aroma adalah salah satu perawatan terbaik untuk eksim. Sebaiknya oleskan krim eksim beberapa kali sehari, terutama setelah mandi.
4. Hindari Kondisi Suhu yang Terlalu Panas pada Bayi
Memakai pakaian berbahan ringan dan tidak terlalu tebal dan bisa membuat anak mudah bernapas, “Banyak lapisan ringan dan tak terlalu tebal akan sangat bagus karena terlalu panas bisa membuat eksim menjadi lebih buruk.” Hindari kain yang tebal dan gatal seperti wol.
5. Hindari Terjadinya Kerusakan-kerusakan pada Lapisan Kulit Bayi
Karena eksim membuat kulit terasa gatal, menggaruk biasa terjadi. Untuk mencegah memburuknya ruam dengan luka dan infeksi, pertahankan kuku bayi agar tetap bersih, pendek, dan tertutup di malam hari. Berikan sarung tangan bayi saat anak tidur.
6. Konsultasi Dokter
Selalu konsultasikan pengobatan dengan dokter anak langganan Ibu jika eksim yang diderita bayi tidak kunjung sembuh.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *