Anak Sesak, Bolehkah Menggunakan Nebulizer di Rumah?

Anak Sesak, Bolehkah Menggunakan Nebulizer di Rumah?

Nebulizer merupakan mesin yang mengubah obat asma menjadi asap sehingga mudah dihirup dan cepat masuk ke paru-paru. Alat ini sangat efektif untuk digunakan – terutama bagi bayi atau balita yang kesulitan memakai inhaler saat asma menyerang. Nantinya, si kecil akan bernafas melalui corong atau masker wajah.

Terapi menggunakan nebulizer ini biasa disebut ‘perawatan napas’. Anak tidak perlu melakukan apa pun saat menerima perawatan. Mereka hanya diam di satu tempat dan menggunakan corong wajahnya.

Namun, terapi akan berjalan kurang efektif apabila anak menangis saat melakukannya. Sebab, obat-obat yang ada pada nebulizer perlu dihirup, dan menangis hanya akan menghambatnya.

Menggunakan Nebulizer di Rumah

Nebulizer tersedia dalam berbagai macam varian dan bentuk. Ada yang besar dan perlu dicolok ke listrik, ada pula yang portabel sehingga mudah dibawa. Keduanya bisa Mama gunakan ketika berada di rumah. Tidak perlu ke rumah sakit.

Ya, Mama boleh menggunakan nebulizer sendiri di rumah. Namun, ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sebelumnya, Mama wajib mendapatkan resep dari dokter. Mama juga harus mendapatkan penjelasan lengkap dari dokter anak mengenai cara dan berapa lama waktu yang dibutuhkan saat menggunakan nebulizer.

Pastikan dokter melakukan demonstrasi penggunaan nebulizer yang tepat. Sebab, penggunaan nebulizer yang tidak benar akan menyebabkan jumlah obat yang masuk ke paru-paru anak jadi lebih sedikit.

Sebaiknya, Mama juga meninjau ulang instruksi yang diberikan sebelum menggunakan nebulizer. Berlatihlah di rumah secara terus menerus hingga Mama merasa aman dan nyaman mempraktekannya. Nantinya, Mama juga bisa mengajarkan anak menggunakan nebulizer sendiri. Biarkan mereka terlibat agar tidak takut saat melakukan terapi.

Oh iya, setelah digunakan, Mama wajib menjaga kebersihan nebulizer. Apabila mesin tidak dibersihkan, bakteri dan kuman bisa tinggal di sana. Tentunya, itu akan semakin membahayakan pernapasan anak Mama.

Jika memiliki pertanyaan tentang nebulizer atau Mama merasa kondisi anak tidak membaik setelah menggunakan alat tersebut, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter. Meski bisa dilakukan sendiri, tapi meminta saran dari yang ahli tetap penting ya, Ma!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *